Kamis, 10 Maret 2016

Tesis Tentang Social Media

Ya tentu bukan aku yang bikin tesis tentang social media atau media sosial, lha kuliah S2 saja belum keturutan sampai saat ini kok, hehe… Tapi salah satu akun yang aku kelola yang menjadi obyek penelitan salah satu Mahasiswi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang.

Awalnya sih iseng saja mengisi waktu luang di sela kerja, seiring waktu berjalan ternyata banyak yang membutuhkan informasi wisata di Semarang, sehingga pengikut pun semakin bertambah dan interaksi yang tercipta juga cukup aktif. Mungkin karena itu jadi menarik untuk diteliti. Apalagi fenomena social media memang masih membutuhkan banyak penelitian untuk mengetahui berbagai proses dan dampak di dalamnya.


Bagi aku sebagai pemilik akun, proses penelitiannya sih tidak begitu rumit, pasti beda dong dengan yang meneliti. Untuk penelitan tesis ini, komunikasi lebih banyak lewat email dan hanya tidak lebih dari 3 kali untuk wawancara secara langsung. Yang aku lakukan hanya memberi profil tentang akun yang aku kelola dan membantu menyebar angket yang dilakukan secara online.

Dan hasilnya adalah akun yang aku kelola, yaitu akun twitter Wisata Semarang memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan promosi pariwisata Semarang. Untuk tahu detail tesisnya, bagi yang mungkin sedang atau akan membuat tesis tentang social media bisa melihat di sini.

Akun twitter Wisata Semarang aku buat tepat pada 16 Juni 2010, tujuannya untuk mempromosikan pariwisata Semarang di media sosial. Berbekal pengetahuan dan pengalamannya aktivitas online terutama di komunitas blogger Loenpia, akun @wisatasemarang terus bertambah jumlah follower dan semakin banyak aktivitas yang diikuti. Saat ini tercatat sudah lebih dari 100 follower, dan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Akun @wisatasemarang merupakan bagian dari website Wisata Semarang, terintegrasi dengan FB: Wisata Semarang dan juga IG: Wisata Semarang. Keempat kanal tersebut, ditambah FB: Semarang saling melengkapi untuk mempromosikan pariwisata di Semarang. Untuk menjalankan beberapa kanal tersebut, tidak bergantung pada bantuan pemerintah, namun membuka kerjasama dengan swasta untuk beriklan yang sesuai dengan visi dan misi akun tersebut.

Berbagai aktivitas dan kerjasama telah dilaksanakan, di antaranya: Bekerjasama dengan Dinpudpar Jawa Tengah maupun Disbudpar Semarang, bekerjasama dalam berbagai event yang digelar di Semarang, dan juga bersama dengan pengelola akun-akun di Semarang menggelar #RembugSocmed dan berbagai aktivitas lainnya.

Salah satu prestasi yang pernah diraih akun @wisatasemarang adalah menjadi akun favorit di ajang #SemarBlogFest 2013 yang digelar di Sobokartti oleh dotSemarang. Tentu yang paling menyenangkan adalah jika akun yang aku kelola mampu berdampak langsung pada kemajuan Kota Semarang tercinta.

1 komentar:

  1. Iya nih mas wisata2 di Semarang harus di eksplore.. biar lebih terkenal lagi wisatanya..
    Hidup Semarang.. hehe..
    Salam orang semarang juga mas..
    Berkunjung ya mas Wisata

    BalasHapus